Senin, 15 Juli 2013

LAN

 1. Sejarah LAN
     Pada tahun 1940-an ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan perangkat komputer secara bersamaan. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga komputer maka ada tuntutan sebuah komputer harus melayani beberapa terminal. Dari sinilah muncul gagasan distribusi berdasarkan waktu atau biasa disebut TSS (Time Sharing System) bentuk pertama kali jaringan komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah host komputer. 
    Selanjutnya jaringan komputer terus mengalami perkembangan menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang terhubung secara seri disetiap komputer. 
     Selanjutnya ketika harga-harga komputer sudah mulai turun dan konsep distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringan sudah mulai beragam dari mulai menangani proses secara bersama maupun komunikasi antar komputer saja tanpa melalui komputer pusat yang biasa disebut Peer to Peer System. Untuk itu mulailah diperkenalkan teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula sama halnya ketika intenet diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat duni yang disebut WAN (Wide Area Network).

 











 2. Penemu LAN CARD
      Robert Metcalfe adalah seorang jenius yang menemukan suatu konsep dasar Ethernet. Ethernet dikembangkan dengan upaya untuk menghubungkan komputer-komputer di Xerox's Palo Alto Research Center antara satu sama lain, Ethernet menggunakan paket digital dan kontrol didistribusikan untuk mengirim data melalui area network yang paling banyak digunakan pada jaringan lokal atau LAN. Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal data untuk jaringan komputer



3. Local Area Network (LAN)
    Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi do dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai bebrapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar