Senin, 15 Juli 2013

WAN (Wide Area Network)


Apa Itu Jaringan?

  Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama- sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. karena pada postingan sebelumnya saya telah membahas LAN (Local Area Network), sekarang kita akan membahas jaringan WAN (Wide Area Network).

Apa Itu WAN (Wide Area Network)?

WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Dan biasanya merupakan jaringan komputer yang dipakai untuk internet.


 

Pengertian Internet

     Internet merupakan kata singkat dari International Network. Dari sini dapat disimpulkan bahwa internet adalah sistem komputer yang saling berhubungan yang areanya mencakup jaringan internasional (dunia), sehingga memungkinkan desktop anda dapat bertukar data, pesan , dan file-file dengan berjuta-juta komputer lain yang terhubung dengan internet.

Sejarah Internet

     Cikal bakal dari Internet adalah ARPANET yang semula  dirancang oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Project Agency (DARPA), bekerja sama dengan beberapa Universitas dan penelitian. Pada awalnya ARPANET digunakan terutama dalam riset dan pengembangan terknologi informasi, dengan berbagai ahli diberbagai sitrs diseluruh dunia saling berhubungan satu sama lain sehingga dapat saling betbagi informasi. Disamping itu juga dirancang untuk memelihara dan melindungi sistem informasi berlingkup nasional dan dibangun agar tahan terhadap serangan nuklir.
   Ditahun 1970-an dan 1980-an, ARPANET berkembang menjadi beberapa jaringan, yang lebih difungsikan untuk kepentingan militer. Pada tahun 1989 mengalami perkembangan penting sehingga ARPANET berubah menjadi NSFNET dari National Science Foundation yang tidak hanya digunakan untuk kepentingan militer tetapi sudah mengalami perkembangan untuk melayani kepentingan masyarakat sipil.
     Internet telah tumbuh dengan pesat sejak tahun 1990. Menurut Internet Society, organisasi yang memonitor internet, banyaknya jaringan komputer yang membentuk internet adalah lebih dari 100.000 pada tahun 2000, diperkirakan komputer yang bergabung dalam internet akan mencapai 2 juta dan banyaknya komputer akan mencapai 100 juta.

Syarat-syarat koneksi ke internet:
 1. PC (Personal Computer)
     internet merupakan jaringan komputer, maka PC mutlak diperlukan.
2. Modem
    Merupakan alat yang berfungsi untuk mengkonfersikan atau merubah dari sinyal digital menjadi    sinyal analog atau sebaliknya.
3. Berlangganan ke ISP (Ineternet Service Provider) atau perusahaan yang menyediakan jasa internet
4. Line Telephone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar